Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar di Era 4.0
DOI:
https://doi.org/10.58223/al-abshar.v2i2.107Keywords:
Pendidikan Karakter, siswa sekolah dasarAbstract
Tujuan artikelxini ditulisxmenggunakan metodexkajian analisis. Jenis penelitianxini yang digunakan yaitu menggunakan penelitian kualitatif. Perkembangan duniaxtelah memasukixera revolusixindustri 4.0. Revolusixindustri 4.0 inixditandai denganxadanya kemajuanxteknologi informasixdan komunikasi, sehinggaxsemua orangxdapat denganxmudah untukxmengakses apapun, dimanaxpun, dan kapanxpun. Fenomenaxyang terjadixsaat inixyaitu siswaxmenjadi lebihxmudah untukxmengakses informasi, sehinggaxberdampak padaxperilaku siswaxyang ikutxmeniru perbuatang yangxkurang baik. Olehxkarena itu, pendidikanxpada erax4.0 di SekolahxDasar perlu diimbangixdengan pendidikanxkarakter. Pendidikanxkarakter adalahxproses penanamanxmoral dan xagama yangxdiberikan kepadaxsiswa dengan cara pembiasaan sejakxdini, penguatanxdan pengembanganxperilaku
References
Al-Qur’an, L. P. M. (n.d.). Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya.
Budi Raharjo, S. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16, 229–238. https://media.neliti.com/media/publications/123218-ID-pendidikan-karakter-sebagai-upaya-mencip.pdf
Depdiknas, 2003. (2003). Departemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang No 20 Tahun 2003. Zitteliana, 19(8), 159–170. bisnis ritel - ekonomi
Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M. S. (2008). Metode Penelitian Kualitatif.
Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015.
Heru Setiawan, S. (2020). Manajemen Pendiidkan Karaker. AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(Desember), 39–52.
Kemendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Permendikbud, 45.
Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220–231. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3049
Pattaro, C. (2016). Character Education: Themes and Researches. An academic Literature Review. Italian Journal of Sociology of Education, 8(1), 6–30. https://doi.org/10.14658/pupj-ijse-2016-1-2
Phoenix, T. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Rizky Asrul Ananda, Mufidatul Inas, & Agung Setyawan. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836
Sholekhah, F. (2019). Pendidikan Karakter melalui Revolusi Mental di Era Disruptif. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(1), 64–88. https://doi.org/10.36835/modeling.v6i1.343
Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan 4.0. Jurnal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 456–469. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5797
Taseman Dahlan, A. M. (2018). Tantangan Pendidikan Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Journal of Islamic Elementary School (JIES), 3(2), 39–43.
Tjandrawinata, R. R. (2016). Raymond R. Tjandrawinata - 2017 - Industri 4.0 Revolusi Industri 4.0 Revolusi Industri Abad Ini Dan Pengaruhnya Pada Bidang Kesehatan Dan Bioteknologi. Medicinus, 29(1), 31–39. https://doi.org/10.5281/zenodo.49404
Tsauri, S. (2015). Pendidikan Karakter Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa.
Zidniyati, Z. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 41. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i1.199
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nanda Santin Permatasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Abshar: Journal of Islamic Education Managements diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.