Penguatan Karakter Santriwati Berbasis Nilai-Nilai Adabul 'Alim Wa Al-Muta'allim Di Pondok Pesantren Al-Mujtama'
DOI:
https://doi.org/10.58223/al-ridha.v3i1.375Keywords:
Penguatan Karakter, Santriwati, Berbasis Nilai-nilaiAbstract
Abstract :
This study focuses on strengthening the character of female students (santriwati) based on the values of "Adabul 'Alim wa al-Muta'allim" in Pondok Pesantren Al-Mujtama'. The research aims to implement the ethical teachings from the book to enhance the understanding and practice of good character among the students. Through a systematic approach involving intensive study sessions, discussions, simulations, and evaluations over a 12-day period, participants' knowledge and attitudes towards learning and social interactions were assessed. Pre-test and post-test evaluations demonstrated significant improvements in the understanding of religious ethics and practices among the santriwati.
The findings indicate that the program is effective in fostering a positive learning environment and encouraging active participation in the educational process. Recommendations for future programs include continuing interactive teaching methods, providing additional resources, and conducting regular evaluations to ensure sustained character development.
Keywords: Character Strengthening, Santriwati, Adabul 'Alim wa al-Muta'allim, Pondok Pesantren, Islamic Education
Abstrak :
Penelitian ini berfokus pada penguatan karakter santriwati berdasarkan nilai-nilai "Adabul 'Alim wa al-Muta'allim" di Pondok Pesantren Al-Mujtama'. Tujuan penelitian adalah untuk mengimplementasikan ajaran etika dari kitab tersebut guna meningkatkan pemahaman dan pengamalan akhlaq yang baik di kalangan santriwati. Melalui pendekatan sistematis yang melibatkan sesi pembelajaran intensif, diskusi, simulasi, dan evaluasi selama 12 hari, pengetahuan dan sikap peserta terhadap pembelajaran dan interaksi sosial diukur.
Evaluasi pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman etika dan praktik agama di kalangan santriwati. Temuan ini mengindikasikan bahwa program ini efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendorong partisipasi aktif dalam proses pendidikan. Rekomendasi untuk program mendatang mencakup melanjutkan metode pengajaran interaktif, menyediakan sumber tambahan, dan melakukan evaluasi secara berkala untuk memastikan perkembangan karakter yang berkelanjutan.
Kata Kunci: Penguatan Karakter, Santriwati, Adabul 'Alim wa al-Muta'allim, Pondok Pesantren, Pendidikan Islam.
References
Asyari, K. H. H. (1990). Adabul 'Alim wa al-Muta'allim. Jakarta: Al-Ma'arif.
Nasution, S. H. (2005). Pendidikan Agama Islam: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Rajawali Press.
Hamid, A. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa, E. (2007). Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad, A. (2016). Etika dan Moral dalam Pendidikan Agama. Jakarta: Kencana.
Al-Ghazali, A. H. (1997). Ihya Ulum al-Din. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Qurtubi, A. A. (2001). Tafsir al-Qurtubi. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Mawardi, A. H. (1998). Adab al-Dunya wa al-Din. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Suyuti, J. (1999). Al-Itqan fi Ulum al-Qur'an. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Bukhari, M. (2002). Sahih al-Bukhari. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Maturidi, A. M. (1998). Kitab al-Tawhid. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Khattabi, A. H. (2000). Ma'alim al-Qur'an. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Jurjani, A. (1999). Asrar al-Balaghah. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Farabi, A. N. (2001). Al-Madina al-Fadila. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Raghib al-Isfahani. (2000). Al-Dhari'a ila Makarim al-Shari'a. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Mawardi, A. H. (1999). Adab al-Qadi. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Tanukhi, A. A. (2001). Nihayat al-Arab fi Funun al-Adab. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Samarqandi, A. H. (2000). Tafsir al-Samarqandi. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Maturidi, A. M. (1998). Kitab al-Tawhid. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Baydawi. (2000). Tafsir al-Baydawi. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Rahman, A. (2020). "Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren: Studi Kasus di Pesantren X". Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 123-135.
Hasan, M. (2019). "Implementasi Nilai-Nilai Adab dalam Pendidikan Karakter Santri". Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 45-60.
Zainuddin, A. (2021). "Pengaruh Pembelajaran Adab al-'Alim wa al-Muta'allim terhadap Karakter Santri". Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 6(3), 200-215.
Sari, R. (2018). "Peran Pondok Pesantren dalam Pembentukan Karakter Santri". Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 78-90.
Fadhilah, N. (2022). "Metode Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Karakter di Pesantren". Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 34-50.
Maulana, I. (2020). "Penguatan Karakter Melalui Kajian Kitab Kuning". Jurnal Studi Islam, 8(1), 112-125.
Hidayat, R. (2019). "Adab dalam Pendidikan: Perspektif Islam". Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 2(2), 67-80.
Nuraini, S. (2021). "Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren". Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(3), 150-165.
Lestari, D. (2020). "Pengaruh Pendidikan Agama terhadap Karakter Santri". Jurnal Pendidikan dan Sosial, 5(2), 90-105.
Syafii, M. (2019). "Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam di Pesantren". Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 25-40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Al-Ridha: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
