Implementasi Akad Ijarah Dalam Meningkatkan Pendapatan Mitra Ojek Online Abang Kurir Bangkalan

Implementasi Akad Ijarah Dalam Meningkatkan Pendapatan Mitra Ojek Online Abang Kurir Bangkalan

Authors

  • Galuh Mustika Argarini STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan
  • Khoirun Nisa' Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moh. Cholil Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.58223/taamul.v2i2.108

Keywords:

Implementation, Ijarah, Abang Courier

Abstract

This research is included in qualitative research using field research methods. The subjects of the study are the owners, employees/drivers, and consumers/business partners of Abang Courier Bangkalan (ABANK). Sampling uses the Snow Ball Sampling technique because it can expand the research subject. The purpose of this study is first, to find out how the implementation of the ijarah contract in online motorcycle taxis Abang Courier Bangkalan (ABANK). While the disadvantages are not including a list of fares on ABANK Passenger services, not including a list of shipping costs on social media when ads are published, it become an anomaly in society about how much food is sold. In this case, there is  potential harm to consumers in terms of comfort and satisfaction, but there is no material loss. Because no party is harmed, and both parties are willing and ridho, then the ijarah contract that is carried out is legally valid. Apart from that, some of these shortcomings do not affect sales results, this is proven by the increasing number of partners joining the Abang Courier Bangkalan (ABANK) online motorcycle taxi and the increase in profits from these partners, so that partners are increasingly active in increasing the types of goods sold.

References

Rozalinda. (2016). Fikih Ekonomi Syariah, Prinsip dan Implementasinya pada Sektor Keuangan Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.

Rozalinda. (2017). Kompilasi Fikih Ekonomi Syariah. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Raco. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT.Grasindo.

W. Creswell, Jonh. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (Edisi ketiga). Yogyakarta: Pustaka.

Tazkia, Tim, MES. (2021). Bunga Rampai, Hitam-Putih Ekonomi Islam. Bandung: Gulali Edukasi Indonesia.

Hukum, Sudut. (2017). Pengertian Ojek Online. Https://www.suduthukum.com/2017/03/ojek-online.html.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Mz, Labib. (2006). Etika Bisnis Dalam Islam. Surabaya: Bintang Usaha Jaya.

Departemen Agama Republik Indonesia. (2011). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Ansory, Aan. 2016.Digitalisasi Ekonomi Syariah. Jurnal Ekonomi Keuangan dan Bisnis Islam. Vol.7 No.1. Diakses pada 24 Januari 2023.

Laili Nur Amalia, Nur Laili. 2014.Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Penerapan Akad Ijarah Pada Bisnis Jasa Laundry (Studi Kasus di Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar). Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam, Volume 5 No 2. Diakses Pada 25 Februari 2023.

Wawancara dengan Dony Pranata, selaku owner ABANK Kurir Bangkalan, pada hari Senin, 24 Januari 2023.

Wawancara dengan Siti Nur Rosidah, selaku admin ABANK Kurir Bangkalan, pada hari Selasa, 27 Januari 2023.

Wawancara dengan Dony Pranata selaku Owner ABANK Kurir Bangkalan, pada hari Kamis, 24 Februari 2023.

Wawancara dengan Siti Nur Rosidah, selaku admin ABANK Kurir Bangkalan, pada hari Rabu, 8 Juni 2023.

Wawancara dengan Agung Faroni, selaku kurir di ABANK Kurir Bangkalan, pada hari Rabu, 8 Juni 2023.

Wawancara dengan Yanto, selaku kurir di ABANK Kurir Bangkalan, pada hari Rabu, 8 Juni 2023.

Wawancara dengan Fariha, selaku konsumen ABANK Kurir Bangkalan, pada hari Kamis, 9 Juni 2023.

Wawancara dengan Alfi, selaku mitra kerja ABANK Kurir Bangkalan, pada hari Kamis, 9 Juni 2023.

Wawancara dengan Toharoh, selaku konsumen ABANK Kurir Bangkalan, pada hari Kamis, 9 Juni 2023.

Wawancara dengan Novi, selaku konsumen ABANK Kurir Bangkalan, pada hari Jum’at, 10 Juni 2023.

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

Argarini, G. M., & Nisa’, K. (2023). Implementasi Akad Ijarah Dalam Meningkatkan Pendapatan Mitra Ojek Online Abang Kurir Bangkalan. Ta’amul: Journal of Islamic Economics, 2(2), 135–146. https://doi.org/10.58223/taamul.v2i2.108

Issue

Section

Articles
Loading...