Being an Inspiring Teacher in Realizing Competitive Education in the Era of Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.58223/al-abshar.v1i1.12Keywords:
Competence, Teacher, Society era, 5.0Abstract
This research discusses about being an inspiring teacher. This research focuses on the description of conceptions and steps that must be taken by teachers in the learning process, in relation to students to create active teaching and learning. The source of this research data was obtained from several sources in the form of supporting and accompanying references in accordance with the research theme. This research is library research using a qualitative approach, which is trying to describe a variable, symptom or situation. The results of this paper show that teachers must always have and develop the quality of personality competencies with the aim of creating an active learning process and providing inspirational meaning. From the conception of being an inspirational teacher, it will give birth to a teacher's skills in learning and competence that prioritizes psychologically moral and attachment, not only oriented to the knowledge and skills of students such as inspiring active learning, teacher writing activities, teachers and happiness, as well as teachers and students change.
References
Akdon. 2011. Strategic Management For Educational Management (Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan), Bandung: Alfabeta
Amir Tengku Ramly. 2017. Menjadi Guru Idola, Bekasi: Pustaka Inti, Cet. III
Andi Yudha. 2019. Kenapa Guru Harus Kreatif, Bandung: Mizan, Cet. I
Andreas Harefa. 2011. Sukses Tanpa Gelar, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, Cet. III
Agenda Refleksi dan Tindakan: Untuk Hidup yang Lebih Baik, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2014, Cet. I
Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2012. Cet.II
Arvan Pradiansyah. 2019. The 7 Laws of Happiness, Bandung: Kaifa, Cet. III
Athoillah, Anton. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: C.V. Pustaka Setia
Baharuddin, M. 2016. Manajemen Strategik Peningkatan Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Agama Islam (Studi Kasus di UIN Malang). El-QUDWAH
Basrowi, Suwandi. 2018. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Britha, Mikkelsen. 2015. Metode Partisipatoris. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Darmadi. 2017. Pengembangan Model & Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
David, Fred. 2016. Manajemen Strategis Konsep-Konsep. Edisi ke 10. Jakarta. PT Indeks Kelompok Gramedia
Deddy, Mulyana. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya
Dewi, R., & Sandora, M. 2019. Analisis manajemen strategi UIN SUSKA RIAU dalam mempersiapkan sarjana yang siap bersaing menghadapi MEA. Jurnal El-Riyasah, 10 (1), 74-91
Djuwita, T. M. 2011. Strategi Pengembangan Dosen Perguruan Tinggi Kaitannya Dengan Profil Dosen Yang Produktif. Publica, 1 (1)
Fauzi, A. 2018. Human Resource Management dalam Meningkatkan Mutu Dosen PTKIS. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 4(1), 21-34
Fauzi, T. H. 2017. Manajemen Strategik. Bandung: C.V. Pustaka Setia
Gael Kindenfield. 2014. Life is Easy: Mengubah Derita Menjadi Bahagia, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum, Cet. II
Hamdani, Ramdhani. 2018. Manajemen Strategik. Garut: Karima
Hernowo. 2011. Mengikat Makna: Kiat-Kiat Ampuh Untuk Melejitkan Kemauan Plus Kemampuan Membaca dan Menulis Buku, Bandung: Kaifa, Cet.II
Jalaludin Rakhmat. 2015. Belajar Cerdas: Belajar Berbasiskan Otak, Bandung: LC, Cet. I
Menjadi Manusia Pembelajar, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2012. Cet. III
Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar Secara Menyenangkan, Bandung: MLC, 2018. Cet. VIII
Melvin L. Sibermen. 2011. 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Bandung: Nuansa, Cet. III
Muslimat, A. 2021. Masa Depan Kampus Merdeka & Merdeka Belajar: Sebuah Bunga Rampai Guru Bintang Visitama Publisher
Moleong, Lexy J. 2013. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sanusi, Ahmad. 2017. Sistem Nilai Alternatif Wajah-Wajah Pendidikan. Bandung: Nuansa Cendikia
Ndua, P. A. 2012. Analisis Hubungan Dan Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Dosen Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Perilaku Purna Penggunaan Jasa Di Lingkungan Kampus Ungu. Jurnal MAGISTER MANAJEMEN, 1(1), 79-108
Noor, W., Juhji, J. 2020. Integrasi Budaya Prestasi pada Fungsi Perencanaan Pembinaan Mutu Dosen. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1-12
Normajatun, N. 2014. Analisis Strategi Mengelola Sumber Daya Manusia (Mahasiswa Dan Dosen) Di Uniska Banjarmasin. AL'ULUM, 61(3)
Quinn, Robert E., CS. 1990, Becoming A Master Manager, A Competency Framework. New York: John Wiley & Sons
Ramdhani, Ikhwan. 2019. Manajemen Sumberdaya Manusia. Bandung: Insan Akademika
Sinambela, L. P. 2017. Profesionalisme guru dan kualitas pendidikan. Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(2), 579-596
Sistem Pendidikan Nasional No. 27 Tahun 2007 dan No. 66 Tahun 2013 Penilaian Pendidikan
Sudjana. 2020. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014
Sumardjoko B. 2010. Faktor-faktor determinan peran dosen dalam penjaminan mutu perguruan tinggi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3)
Sumartono I. 2019. Analisis Perancangan Sistem Rencana Pembelajaran Terpadu dalam Mendukung Efektivitas dan Mutu Pengajaran (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Panca Budi). Jurnal Teknik dan Informatika, 6(1), 12-17
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Wheelen T., L., David H. L. 2006. Strategic Management and Business Police. New York: Thirteenth Edition
Winardi. 2006. Asas-asas Manajemen. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya
YF Wakila. 2021. Konsep dan Fungsi Manajemen Pendidikan. Equivalent Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi 3 (1), 49-62
Yunus, E. 2016. Manajemen Strategis. Bandung: Aria Mandiri Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ijudin Ijudin, Hilda Ainissyifa, Yasya Fauzan Wakila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Abshar: Journal of Islamic Education Managements diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.