Mengurai Dasar Filosofis Pendidikan Ki Hajar Dewantara: Tinjauan Metaanalisis

Mengurai Dasar Filosofis Pendidikan Ki Hajar Dewantara: Tinjauan Metaanalisis

Authors

  • Nafisah Zein Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.58223/al-abshar.v2i2.112

Keywords:

Ki Hajar Dewantara, Pendidikan, Meta Analisis

Abstract

Pendidikan merupakan fondasi utama dalam membangun suatu bangsa. Filosofi pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk landasan, tujuan, dan metode pendidikan. Tokoh yang sangat terkenal di Indonesia adalah Ki Hajar Dewantara yang sangat berkontribusi dalam mengembangkan pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk melakukan tinjauan metaanalisis atas dasar filosofis pendidikan Ki Hajar Dewantara yang telah memengaruhi pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis untuk merangkum dan mengurai filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dari berbagai artikel. Metode metaanalisis pada penelitian ini menggunakan langkah-langkah identifikasi, evaluasi, dan juga intepretasi penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dan yang relevan. Dari data-data tersebut ditarik kesimpulan sehingga menghasilkan data dengan cakupan pembahasan yang lebih luas. Analisis ini dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif, dan disesuaikan dengan tujuan penelitian. Hasil dari tinjauan penelitian ini akan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai dan prinsip-prinsip pendidikan yang dianut oleh Ki Hajar Dewantara dan bagaimana kontribusinya telah membentuk pendidikan di Indonesia.

References

Anisa, A. N. (2023). Ki Hajar Dewantara Dan Revolusi Pendidikan Pada Masa Pergerakan Nasional Di Indonesia. Jejak : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(1), 88–96. https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.24821

Cahyati, M. T., Usman, E. A., & Putri, Y. A. (2019). Meta-Analisis Implementasi Landasan Ilmu Pendidikan terhadap Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Fisika pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(1), 34–41. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/107419

Efendi, P. M., Tatang Muhtar, & Yusuf Tri Herlambang. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487

Firmansyah, E., Nasucha, Z., & Muzfirah, S. (2021). Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 144–161. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v6i2.3056

Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidikan Vokasi di Era Kurikulum Merdeka. Jupe : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 1015–1025. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4493

Istiq’faroh, N. (2020). Relevansi Filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–10.

Marisyah. (2019). Pemikiran ki hajar dewantara tentang pendidikan. 3, 2–3.

Nugroho, B. (2023). Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Basis Dalam Merdeka Belajar Untuk Mencetak Manusia Indonesia Berkarakter. Psiko Edukasi, 21(1), 28–40. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i1.4374

Nurhalita, N., & Hudaidah, H. (2021). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada Abad ke 21. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 298–303. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.299

Nurkholida, E. (2018). Perspektif Jawa ( Studi Pemikiran Ki Hajar Dewantara ). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 393–407.

Okta, B., Novia, R., & Listiana, A. (2022). Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Online), 5(6), 2614–4107.

Pribadi, R. (2022). Kampus Merdeka: Perspektif filsafat Ki Hajar Dewantara. Ismetek, 121–125. http://ismetek.itbu.ac.id/index.php/jurnal/article/view/65%0Ahttps://ismetek.itbu.ac.id/index.php/jurnal/article/download/65/40

Romario, A. W., Saputra, A., & Nasution, B. (2023). Ki Hajar Dewantara dan Pendidikan di Indonesia. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman, 1(1), 52–60. https://doi.org/10.46781/baitul_hikmah.v1i1.753

Safitri, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 264–271.

Sholihah, D. A. (2021). Pendidikan Merdeka dalam Perspektif Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Merdeka Belajar di Indonesia. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 12(2), 115. https://doi.org/10.21927/literasi.2021.12(2).115-122

Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., Adiarta, A., & Artanayasa, W. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124–136. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i3.22187

Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922

Widestra. (2019). 1) , 2). 5(2), 123–130.

Zuriatin, Nurhasanah, & Nurlaila. (2021). Pandangan Dan Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Ips, 11(1), 48–56. https://doi.org/10.37630/jpi.v11i1.442

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Zein, N. (2023). Mengurai Dasar Filosofis Pendidikan Ki Hajar Dewantara: Tinjauan Metaanalisis. Al-Abshar: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 190–207. https://doi.org/10.58223/al-abshar.v2i2.112

Issue

Section

Articles
Loading...