Pendampingan Pemahaman Kitab Kuning Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim Terhadap Akhlak Belajar Santri

Pendampingan Pemahaman Kitab Kuning Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim Terhadap Akhlak Belajar Santri

Authors

  • Hosen STAI Darul Ulum Banyuanyar
  • Busri STAI Darul Ulum Banyuanyar
  • Mas'odi STAI Darul Ulum Banyuanyar

DOI:

https://doi.org/10.58223/al-ridha.v2i2.374

Keywords:

Selected:Kitab Kuning, Akhlak Santri, Pondok Pesantren

Abstract

Akhlak mulia merupakan salah satu unsur pokok dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa memandang status sosial, akhlak mulia harus senantiasa dijunjung tinggi dalam peran sebagai individu, anggota keluarga, anggota masyarakat, dan sebagai bangsa. Membangun akhlak merupakan tugas utama yang harus diemban oleh para pendidik kepada peserta didiknya. Pembinaan merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses pembinaan akhlak peserta didik. Pendidikan akhlak bertujuan untuk menciptakan lingkungan dan keadaan yang dapat menggugah dan menggerakkan jiwa serta hati peserta didik untuk berperilaku beradab atau berperilaku baik sesuai dengan harapan lembaga pendidikan. Mengingat masih banyaknya keluarga peserta didik di era modern ini yang berperilaku negatif, maka salah satu lembaga yang tetap teguh dan berperan aktif dalam memajukan pendidikan akhlak adalah pesantren. Pembinaan pendidikan akhlak bagi peserta didik tidak hanya dilakukan dengan cara membalikkan telapak tangan untuk mewujudkannya, tetapi juga memerlukan proses yang panjang. Pesantren telah menunjukkan konsistensinya melalui berbagai kegiatan rutin, seperti kajian agama dan penyelenggaraan kegiatan ubudiyah. Salah satu kegiatan yang masih lestari dan masih mengakar dalam tradisi adalah pembelajaran kitab kuning. Pendekatan bandongan dalam mengajarkan kitab kuning masih terus berlanjut dan masih dianut oleh masyarakat hingga saat ini. Salah satu kitab kuning yang dikaji dipesantren adalah Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al- Muta’allim. Kitab ini merupakan salah satu kitab kajian mengkaji perilaku manusia dalam kehidupan didunia. Diharapkan melalui pendampingan dengan pengkajian kitab ini terbentuk akhlak santri dan menjadi pribadi pada diri santri benar-benar terwujud.

References

Ahmad Mujib El- Shirazy dan Fahmi Arief Al-Muniry (2007), Landasan Etika Belajar Ciputat: Sukses Bersama, 2007

M. Yatimin Abdullah (2007), Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an, Jakarta: Amzah,

Miftachul Ulum, “Eksistensi Pendidikan Pesantren: Kritik Terhadap Kapitalisasi Pendidikan,” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, no. 2, 2018

Miftachul Ulum (2018), “Konsep pemasaran lembaga pendidikan dalam pandangan syariah,” Madinah: Jurnal Studi Islam 5, no. 2,

Abdul Munir Mulkhan (2003), Pesantren di Tengah Dinamika Bangsa, Yogyakarta: Qirtas,

Muhammad Ishom Hidzig (2016), Pendidikan Akhlak untuk Pengajar dan Pelajar Tebuireng Jawa Timur: Pustaka Tebuireng,

Alli Hidayatullah (2018), “Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Darunnnahdhah Thawalib Bangkinang,” Jurnal Ilmiah KeIslaman 17,

Siti Rohmah (2020), 'Concept of Moral Education According to KH. Hasyim Asy'Ari in the Book of Adabul 'Alim Wal-Muta'alim, JIEBAR : Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research 1, no. 2,

https://www.laduni.id/post/read/13349/pesantren-al-mujtama-pamekasan-madura, 2018

Miftachul Ulum (2013), Mahir analisis data SPSS: statistical product, service solution, I. Yogyakarta: Ghaneswara,

Hasyim Asy'ari, Adab Al-‘Alim Wa Al- Muta’allim Fima Yahtaju Ilaihi Almuta'allimu F I Ahwalitta'limihi Wama Yatawaqqofu 'Alaihi Al Mu'allimu Fi Maqoomati Ta'limihi, Jombang: Maktabah Atturos Alislami, 1415 H

Hasil pengamatan saat pelaksanaan pembelajaran kitab Adab Al-‘Alim Wa Al- Muta’allim, 2025

Wawancara dengan pengurus Pesantren Al-Mujtama' Plak-pak Pamekasan, 2025

Wawancara dengan pengurus Pesantren Al-Mujtama' Plak-pak Pamekasan, 2025

Muhammad Hasyim Asy`ari, Adabul Alim Walmuta`alim, Jombang: Turast alIslamy,1415 H

Muhamma Fathurrohman dan Sulistyo rini (2012), Implementasi manajemen peningkatan mutu pendidikan Islam; peningkatan lembaga pendidikan Islam secara Holistik (praktek dan teorik), Yogyakarta: Teras, cet 1,

Saipullah. (2023). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim dan relevansinya terhadap pendidikan karakter di Indonesia. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 12–24. https://doi.org/10.30997/tarbawiyah.v4i1.XXX

Salsabila, A., & Ilahiyah, I. (2024). Konsep pendidikan akhlak pelajar dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Millatuna: Jurnal Studi Islam, 1(4), 45–58. https://doi.org/10.59025/millatuna.v1i4.XXX

Afifah, N. F., & Ro’ifah, S. (2021). Akhlak pelajar ditinjau dari kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 77–88. https://doi.org/10.30997/tadibuna.v11i2.XXX

Mahmudi, A. (2021). Bimbingan adab santri di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung melalui kajian kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim. At-Taujih: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 4(2), 102–116. https://doi.org/10.31227/attaujih.v4i2.XXX

Muthmainah, B. (2019). Pembelajaran kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim dalam penanaman etika belajar santri Pondok Pesantren Hidayatul Mubarok Bandar Mataram. Dimar: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 55–66. https://doi.org/10.1234/dimar.v1i1.XXX

Husni, K. (2023). Studi komparasi kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari dan kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi karya Bakr Abu Zaid. Integratif: Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam, 3(1), 90–103. https://doi.org/10.5678/integratif.v3i1.XXX

Anam, M. N., Mukni’ah, & Saihan. (2022). Konsep pendidikan akhlak dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim (studi pemikiran KH. Hasyim Asy‘ari) dan relevansinya dengan pendidikan di era digital. Lingua: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 21(1), 21–33. https://doi.org/10.23887/lingua.v21i1.XXX

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Hosen, Busri, & Mas'odi. (2025). Pendampingan Pemahaman Kitab Kuning Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim Terhadap Akhlak Belajar Santri. Al-Ridha: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 101–119. https://doi.org/10.58223/al-ridha.v2i2.374

Issue

Section

Articles
Loading...