Pengembangan Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati di LPI. Miftahul Ulum Karang Sorrent Dsn Taleber Laok Pasanggar Pegantenan Pamekasan Madura

Pengembangan Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati di LPI. Miftahul Ulum Karang Sorrent Dsn Taleber Laok Pasanggar Pegantenan Pamekasan Madura

Authors

  • Samsul AR Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Banyuanyar
  • Mas'odi Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.58223/al-ridha.v1i2.97

Keywords:

Pengembangan, Metode tilawati, Al-Qur’an

Abstract

Metode pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan tilawati menarik untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran al-qur’an agar peserta didikan dengan mudah membaca al-qur’an. Salah satu pendukung utama dalam mensukseskan pembelajaran al-qur’an dengan menggunakan metode tilawati adalah guru yang terlatih. Keberadaan guru menjadi titik sentral dalam mengembangkan pembelajaran al-qur’an. Dalam kegiatan ini guru dituntut tunuk mempu menggunakan metode tilawati sehingga pembelajaran al-qur’an berjalan efekti dan efisien. Pelatihan pengembangan pembelajaran al-qur’an ini menjadi penting untuk dilaksanakan bagi dosen sebagai bagian tanggung jawaba  dalam pengebdian kepada masyarakat. Dengan adanya pelatihan ini, guru mampu menjalankan tugas sebagai pendidikan agar peserta didik dengan mudah memahami pembelajaran al-qur’an dengan menggunakan metode tilawati.

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Abu Ahmadi. (1976). Metodik Khusus Mengajar Agama. Thoha Putra.

Abuddin Nata. (2013). Kapita Selekta Pendidikan Islam Isu-Isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam. Rajawali Press.

Az-Zarnuji, S. (1995). Ta’limul Muta’allim Tariqatta’allum. Pene Abdul Kadir Aljufri. Mutiara Ilmu.

James L. Mursell. (1954). Successful Teaching Its Psychological Princilpes. McGraw-Hill Book Company.

Mahmud Yunus. (1961). Pokok-Pokok Pendidikan dan Pengajaran. PT. Hidayah Agung.

Mel Silberman, C. A. (2013). Active Training: Pedoman praktis tentang teknik, desain, contoh kasus dan kiat. Nusa Media.

Nasirudin, M., Faizah, M., Ashar, S., & Dewi, M. (2021). Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran di Pondok Sabilul Huda. Umat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 127–131. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/2018

Pradjarta Dirdjosanjoto. (1999). Memelihara umat: kiai pesantren, kiai langgar di Jawa. PT. LKis Printing.

Priyatno. (2009). Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Grasindo.

Ramayulis. (2004). Pengantar Ilmu Pendidikan. The Minangkabau Foundation press.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovative-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Prenadamedia Group.

Zafar Alam. (2003). Islamic Education: Theory and Practice. Adam Publishers & Distributors.

Zakiah Darajat Dkk. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

AR, S., & Mas’odi. (2023). Pengembangan Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati di LPI. Miftahul Ulum Karang Sorrent Dsn Taleber Laok Pasanggar Pegantenan Pamekasan Madura. Al-Ridha: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 83–94. https://doi.org/10.58223/al-ridha.v1i2.97

Issue

Section

Articles
Loading...