Strengthening Literacy: Assistance by the AKMI Service Team 2022

Strengthening Literacy: Assistance by the AKMI Service Team 2022

Authors

  • Maimon Sumo Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan
  • Moh. Mansur Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan
  • Taufiq Hidayat Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.58223/al-ridha.v1i1.51

Keywords:

Literacy Strengthening, Assistance by the 2022 AKMI Visitation Instructor Team

Abstract

Abstrak: Pelaksanaan pengabdian ini bertujuan adalah melatih dan mendampingi, kepala madrasah, Guru kelas 5 MI di Kabupaten kediri Jawa Timur dalam menerapkan dan penguatan empat literasi yaitu literasi Membaca, literasi, numerasi, sains dan literasi Sosial Budaya yang berbasais Asesmen Kompetensi madrasah Indonesia (AKMI). Adapun sasaran program ini adalah Madrasah yang sudah di beri bimtek oleh kementerian Agama dan siswanya sudah melakukan Tes AKMI dan ANBK. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah wawanara dan evaluasi instrumen hasil kegiatan yaitu Raport AKMI untuk Siswa dan wawancara untuk Kepla madrasah, guru kelas V MI serta Tenaga kependidikan lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu: (1) Pendampingan kepada guru dan Siswa dalam program penguatan Literasi (2) pelaksanaan dan Evaluasi hasil pendampingan. Hasil wawancara dengan para guru dan kepala Madrasah MI bahwa mereka memahami tentang: 1) cara membaca Raport Hasil Tes Diagnostik AKMI, 2) Ada Upaya meningkatkan kompetensi Peserta Didik berdasarkan leverl mereka.

Kata Kunci: Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI), Penguatan program literasi

 

References

Kemendikbud. (2019). Asemen Nasional Berbasis Komputer.

Koesomaa, D., Sutcipto, N. H., Miftahussururi, M. N., & Akbari, S. Q. (2017). Pedoman Penilaian dan Gerakan Literasi Nasional. Retrieved fromhttp://glnkemdikbud.go.id/glnsite/wpcontent/uploads/2017/08/pedoman- penilaianevaluasi-gln.pdf.

Laksonoe , K., Ratnaningdiyah, P., Mukhzamilahe, M. C., Inayatillah, F., Subandiyah, H., & Nurlaelaa, L. (2016). Manuale pendukung gerakanliterasi sekolah. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/358/1 /Manual-Pendukung-Pelaksanaan- Gerakan-Literasi-Sekolah.pdf.

Machmuda, Shari, D., Fitriyah, F. K., Saleh, N. R., Afandi, M. D., & Syaikhon, M. (2015). Pelatihan & Pendampingan Pengembangan Pembelajaran Literasi Sosial Budaya Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) , 520-526 .

Mas, R. S., Daud, P. K., & Djafri, N. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 45–51. doi:https://doi.org/10.17977/um025v4i12019p045

Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. PT Bumi Aksara.

OECD.(2018). PISA 2015 results in focuse. Retrieveds.

Rachmawati, P. M., & Sitanggang, S. I. (2017). Designings of webbased informations literacy assessments system. Edulibs.

Septiary, D., & Sidabutar, M. (2020). elaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah Sokonandi. Epistema, 1–12. doi:https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32054

Susanti, A., Dalifa, Melisa, & yolanda, F. (2022). Pendampingan Penerapan Literasi Budaya dan Kewargaan Berbasis GLS untuk Mengembangkan C i v i c E n g a g e m e n t Siswa di SDN 88 Kota Bengkulu . Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Swaine, J ., & Cara , O. (2018). The roles of familie literacy classes in demystifying school literacies and developings closer parent–school relations. Cambridge Journal of Educations, 3577, 1–21. doi:https://doi.org/10.1080/0305764X.2018 .14618091

Trianggoro, I. R., & Koeswanti, H. D. (2021). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah (Gelis) Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 355-362. doi:DOI:http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v4i3

Wahyuni, D. P., Djatmika, T. E., & As'ari, A. R. (2018). engaruh Full Day School dan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Hasil Belajar dengan Mediasi Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 679—684. doi:https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.11096.

Downloads

Published

2023-03-18

How to Cite

Maimon Sumo, Mansur, M., & Hidayat, T. (2023). Strengthening Literacy: Assistance by the AKMI Service Team 2022. Al-Ridha: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 15–26. https://doi.org/10.58223/al-ridha.v1i1.51

Issue

Section

Articles
Loading...